Rabu, 10 Juni 2015

PENGGUNAAN FUNGSI LOOKUP PADA MS. EXCEL

A. Penggunaan Rumus VLOOKUP


Fungsi VLOOKUP dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penuisan Rumus: 
= VLOOKUP(nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_kolom;tipe_data)
  1. Nilai kunci adalah nilai yang dijadikan acuan untuk membaca tabel referensi. Nilai ini harus ada baik pada tabel yang akan diisi maupun pada tabel referensi.
  2. Range tabel referensi adalah range dari tabel yang berisikan data referensi untuk mengisi hasil yang diharapkan. Pastikan bahwa range yang anda pilih tidak menyertakan judul kolomnya.
  3. No index kolom adalah nomor urut data tabel referensi yang akan dituliskan hasilnya. Dimulai dari kolom paling kiri pada tabel referensi tersebut dengan nomor index 1 dan seterusnya.
  4. Tipe data adalah ada dua tipe data yaitu TRUE dan FALSE. Nilai TRUE anda gunakan jika nilai datanya tidak pasi atau berada pada range tertentu dan nilai FALSE anda gunakan jika nilai data berharga pasti.
Contoh penggunaan rumus vlookup
Bisa dilihat dari tabel "Penjualan bunga di toko Florist " berikut :
fungsi vlookup untuk menentukan kode barang (bunga)




Keterangan :
Nilai Kunci =B5(Anggrek) 
Range Tabel Referensi = A21:B24
=VLOOKUP(B5;$A$21:$B$24;2)



B. Penggunaan Rumus HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP merupakan funsi bantuan references perbedaanya dengan VLOOKUp adalah dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.

Contoh Penggunakan Rumus HLOOKUP
Dapat dilihat dari tabel "penjualan bunga toko Florist"
fungsi vlookup disini untuk menghitung discount




Keterangan :

Nilai Kunci =E5 (5) 
Range Tabel Referensi = F20:I21
=HLOOKUP(E5;$F$20:$I$21;2)




Sekian. Semoga postingannya bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar